Monday, December 5, 2016

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Perawatan Kucing Sphynx

Hal Tentang Kucing Sphynx - Sebelum memutuskan untuk memelihara kucing sphynx maka sebaiknya ketahuilah hal yang harus diperhatikan saat merawat kucing sphynx. Karena jenis kucing sphynx sendri memang dapat dikatakan berbeda dari varian ras kucing lain pada umumnya. Bagi kalian yang sudah mengetahuinya mungkin sudah tidak akan heran.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Perawatan Kucing Sphynx
Kucing Sphynx
Sumber gambar : elelur.com

Kucing sphynx sendiri merupakan jenis kucing yang hampir tidak memiliki bulu atau rambut di sekujur tubuhnya. Awalnya, nama jenis kucing ini adalah Canadian Hairless, namun seiring dengan berjalannya waktu nama kucing inipun berubah menjadi sphynx.
Baca juga : Tips Memilih Kucing Sphynx yang Bagus
Diketahui bahwa asal negara jenis atau ras kucing ini adalah dari negara Kanada. Sedangkan sejarah singkatnya sendiri diketahui berasal dari tahun 60an, dimana terdapat sepasang kucing domestik Kanada yang kemudian melahirkan anak-anak tanpa bulu. Karena tampilannya unik, maka akhirnya jenis atau ras kucing ini pun mulai dibiakan. Karena karakteristiknya tersebut, diketahui bahwa ras atau jenis kucing sphynx ini membutuhkan perawatan khusus yang berbeda dengan ras atau jenis kucing lain pada umumnya. Salah satunnya yakni karena faktor tidak memiliki bulu, sehingga jenis atau ras kucing ini memang rawan terkena infeksi pada saluran pernafasan.

Maka dari itulah bagi kalian yang tertarik untuk mengadopsi kucing sphynx sebaiknya mengetahui berbagai tips dan juga caranya. Sehingga pada nantinya kucing akan tetap sehat dan jauh dari berbagai macam gangguan penyakit. Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan saat merawat kucing sphynx.

  • Usia Kucing
Pertama yang harus sangat diperhatikan adalah usia dari kucing sphynx tersebut. Agar tidak rentan sakit atau terkena gangguan lainnya, maka hendaknya dapat memelihara kucing sphynx dengan kisaran usia di atas 12 minggu. Sehingga kucing tidak akan mudah stress dan minim terkena risiko infeksi penyakit.

  • Alergi Rambut Kucing
Poin ini juga merupakan salah satu poin yang harus diperhatikan saat akan memelihara jenis atau ras kucing phynx ini. Karena diketahui bahwa permukaan kulitnya dapat menyebabkan alergi bagi sebagian kalian yang memiliki alergi terhadap rambut kucing. Hal tesebut diketahui berasal dari sejenis protein yang bernama Feld 1 yang terdapat pada permukaan kulit kucing. Dimana jenis protein tersebut sebenarnya berasal dari kelenjar keringat dan juga ludah dari kucing sphynx tersebut. Hal tersebut terjadi saat kucing sphynx menjilati tubuhnya dan air liurnya mengendap pada kulit dan pori-pori mereka. Maka dari itulah mengapa ellergen tersebut banyak terdapat pada permukaan kulit kucing sphynx tersebut.

  • Hindari Sinar Matahari
Poin ini bukan berarti bahwa kucing sphynx tidak membutuhkan sinar matahari, hanya saja usahakan tidak menjemur mereka di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang sangat lama. Karena jenisnya yang hairless, maka akan membuat kulit mereka mudah terbakar sinar matahari yang menimbulkan ruam, gangguan pada kulit, hingga menyebabkan kanker kulit.

  • Perawatan Rutin dan Teratur
Karena hairless atau tidak memiliki bulu, maka kulitnya akan lebih mudah terkena kotoran yang menempel karena minyak dan keringat. Jika tidak dibersihkan maka akan berpotensi menimbulkan iritasi kulit, maka dari itulah sebaiknya mereka dimandikan dan dibersihkan secara rutin dan teratur. Berikan juga baju hangat saat musim dingin tiba agar suhu tubuhnya terjaga.

  • Makanan
Dan hal terakhir yang harus diperhatikan adalah makanannya sehari-hari. Usahakan dapat memberikan makanan yang sesuai dengan usia mereka, karena hal tersebut akan menunjang pertumbuhan tubuh mereka. Jika masih ragu, hendaknya dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya atau dokter hewan.


Demikian mengenai hal yang harus diperhatikan dalam perawatan kucing sphynx, semoga bisa bermanfaat untuk penggemar kucing tanpa bulu ini.

Artikel Terkait

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Perawatan Kucing Sphynx
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email